Panduan kuliah selama Pandemi

Di masa pandemi COVID-19 yang telah memasuki bulan ketujuh ini, sistem pembelajaran daring tentu bukan lagi hal yang baru. Berbagai jenjang pendidikan di Indonesia telah menerapkan pembelajaran online sebagai langkah antisipatif penularan dan transmisi virus. Bagi jenjang perguruan tinggi sendiri, sistem perkuliahan daring tampaknya masih akan terus berlanjut.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang melarang perkuliahan tatap muka di seluruh zona di Indonesia. Meski telah berjalan selama tujuh bulan, perkuliahan daring tentu masih menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa.

Tidak sedikit dari mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi perkuliahan. Bahkan, ada pula yang merasa bahwa metode pembelajaran ini masih kurang efektif dibandingkan pembelajaran tatap muka. Kali ini, kami akan memberikan sejumlah tips kuliah online untuk meningkatkan efektivitas perkuliahan daring.

1. Buat jadwal harian atau mingguan

Pernahkah kamu merasa bahwa harimu kurang terstruktur atau tidak produktif? Jika iya, mungkin kamu perlu menetapkan jadwal harian atau mingguan sebagai panduan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jadwal ini bisa mencakup banyak hal; tidak hanya terkait pengerjaan tugas kuliah saja.

Misalnya, kamu dapat menyertakan jadwal untuk olahraga, membersihkan rumah, melakukan hobi atau aktivitas self-care lainnya. Ingatlah bahwa dalam masa pandemi ini, kamu pun perlu menjaga keseimbangan hidup. Dengan jiwa dan raga yang sehat, kamu akan merasa lebih siap untuk belajar dan berkuliah online.

2. Tips kuliah online: hindari multitasking

Belajar dari rumah memberikan fleksibilitas waktu yang cukup tinggi. Kamu bisa saja mengerjakan tugas sambil melakukan pekerjaan rumah. Atau kamu pun bisa mengerjakan dua tugas kampus secara bersamaan. Meski begitu, cobalah untuk menghindari multitasking dan selesaikan tugas satu per satu.

Pasalnya, multitasking dapat mengganggu konsentrasi dan justru memperlambat pengerjaan tugas. Alhasil, hari-hari pun akan menjadi kurang produktif. Karenanya, cobalah membuat jadwal harian untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Ikuti jadwal tersebut dengan disiplin dan jika perlu pasang alarm untuk mengingatkanmu.

Kamu pun dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia, seperti WunderlistGoogle KeepOmniFocusTodoist, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, cobalah mengerjakan satu tugas selama 25 menit, istirahat selama 5 menit, dan ulangi pola tersebut hingga tugasmu selesai.

3. Tips kuliah online: temukan cara belajar yang cocok untukmu

Pada dasarnya, semua orang memiliki kebiasaan belajar yang unik dan berbeda-beda. Ada yang senang belajar di tempat tidur, ada yang dapat berkonsentrasi pada saat subuh, atau ada pula yang suka belajar berkelompok. Amatilah dirimu dan temukan kebiasaan apa yang dapat mendukung pembelajaran.

Kamu dapat menanyakan pertanyaan berikut untuk membantu mengenali cara belajar diri:

  1. Tempat seperti apa yang bisa membuatmu fokus?
  2. Jam berapa yang paling optimal untuk belajar?
  3. Dapatkah kamu berkonsentrasi belajar ditemani musik? Atau haruskah belajar di suasana yang sunyi?
  4. Seperti apa kondisi diri yang paling optimal untuk belajar? Apakah harus mandi dan rapi? Atau, bisakah konsentrasi jika kamu belajar sambil makan?

4. Miliki tidur yang cukup dan berkualitas

Saat beraktivitas di rumah saja, kita terdorong untuk hidup dengan kurang terstruktur. Salah satunya adalah jam tidur yang tidak teratur dan kebiasaan begadang. Padahal, tidur adalah kunci untuk pembelajaran yang efektif. Saat kamu tidur nyenyak dan cukup, otak akan dapat fokus dan mengingat informasi dengan lebih baik. Jadi, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7 jam setiap malam.

Itu dia beberapa tips kuliah online yang dapat kamu terapkan. Teruslah beradaptasi dan temukan pola belajar yang paling sesuai untukmu. Jangan menyerah pada keadaan dan buktikan bahwa kamu dapat menjadi mahasiswa yang kreatif dan unggul meski dalam pandemi sekali pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *